Soni Sumarsono Dianugrahi Gelar Kehormatan di Wajo -->

Iklan Semua Halaman

Soni Sumarsono Dianugrahi Gelar Kehormatan di Wajo

Pejabat Gubernur Sulsel Dr Soni Sumarsono Mattompang Keris Pusaka di Rumah Adat Atakkae Sengkang, Kabupaten Wajo, Rabu 9/5/2018

KLIKSULSEL, WAJO - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Dr Soni Sumarsono dianugerahi gelar kehormatan di Kawasan Wisata Rumah Adat Atakkae, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Rabu (9/5/2018).

Soni Sumarsono dianugrahi gelar La Paturusi Daeng Manrapi dan diberikan berupa benda pusaka keris oleh Ure Karaja (Bupati Wajo)  HA Burhanuddin Unru.

La Paturusi Daeng Manrapi merupakan sosok penasehat kerjaan Wajo yang cerdas, pintar, dan bijak serta sosok yang mempersatukan Sulsel. Ia juga merancang perjanian Tellung Poccoe yaitu perjanjian kerajaan Bone, Wajo, dan Soppeng atau disingkat Bosowa.

Sementara Soni Sumarsono yang diberikan gelar kehormatan dan pusaka keris merasa terharu karena diberi gelar kehormatan La Paturusi Daeng Manrapi. Katanya, peristiwa ini pertama kali dalam hidupnya.

"Saya sangat terharu dan bahagia, penghormatan terbesar yang baru pertama kali saya peroleh selama hidup saya, Benda pusaka ini di dalamnya terkandung nilai luhur yang harus saya jaga. Insya Allah dengan nawaitu dan komitmen yang baik, akan saya jaga nilai luhur itu," kata mantan pejabat Gubernur DKI Jakarta itu.

Kegiatan penganugrahan gelar kehormatan tersebut, dilanjutkan dengan acara adat Mattompang Arajang, di Rumah Adat Atakkae, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.(Man)