Kontrak Diperpanjang, Blok Sengkang Kembali Dikuasai Energy Equity Epic -->

Iklan Semua Halaman

Kontrak Diperpanjang, Blok Sengkang Kembali Dikuasai Energy Equity Epic

SOPPENGTERKINI.COM - Terdapat Empat blok minyak dan gas bumi di Indonesia yang akan berakhir masa kontraknya (terminasi) pada tahun 2022 mendatang, termasuk tambang gas Blok Sengkang di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Wakil menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI,Arcandra Tahar mengatakan, dari Empat blok yang terminasi tersebut, baru Blok Sengkang yang dipastikan diperpanjang kontraknya oleh pengelola lama, yakni operator eksisting Energy Equity Epic (Sengkang) Pty Ltd.

"Empat blok yang terminasi tahun 2022, satu yang clear yakni, Energy Equity Epic (Sengkang) di Blok Sengkang selama 20 tahun setelah masa kontrak berakhir tahun 2022," kata Arcandra Tahar Sabtu 1/9/2018.

Lebih jauh Arcandra Tahar mengatakan, dengan diperpanjangnya kontrak Blok Sengkang, negara akan menerima signature bonus sebesar US$ 10 juta dan komitmen kerja pasti US$ 60 juta.

Sekedar diketahui, Blok Sengkang memiliki wilayah kerja seluas 2,925.23 km dengan masa kontrak sampai dengan 24 Oktober 2022.

Energy Equity EPIC (Sengkang) Pty. Ltd. mempunyai cadangan gas terbukti sebesar 800 BCF (billion cubic feet) dan memiliki sumber daya 2 TCF (trillion cubic feet).

Produksi gas rata rata Blok Sengkang periode bulan Januari hingga Juli 2018 sekitar 32 mmscfd. Sebagai gambaran, 1 mmscfd gas dapat menjadi bahan bakar untuk 4 MW pembangkit listrik. Jadi 32 mmscfd dapat dianalogikan setara dengan 128 MW pembangkit listrik.(*)

Editor: Abhy