SDN 8 Paccellang Realisasikan Program Ramah Anak -->

Iklan Semua Halaman

SDN 8 Paccellang Realisasikan Program Ramah Anak

SOPPENGTERKINI.COM,PANGKEP - Managemen Sekolah Dasar Negeri (SDN) 8 Paccellang Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkep, melaksanakan program sekolah ramah anak untuk mendorong pemenuhan hak anak didik.


Menurut Kepala Sekolah SD Negeri 8 Paccelang, Hj Wahidah, Program ramah anak bertujuan memberikan perlindungan pada diri peserta didik sebagai anak di sekolah dengan mengutamakan hak-hak anak meliputi hak hidup, hak tumbuh berkembang, hak perlindungan, dan hak mendapat pendidikan.


"Sekolah ramah anak menjadi penting mengingat dalam sehari ada Delapan jam anak berada di sekolah. Sekolah ramah anak juga merupakan salah satu indikator penting dalam Kabupaten layak anak. " kata Hj Wahidah. 


Lanjut Hj Wahida mengatakan, keprihatinan orang tua, keluarga, masyarakat dan pemerintah karena kondisi anak-anak di sekolah yang rawan kekerasan, keracunan, kecelakaan, kotor, kondisi gedung yang mudah rubuh jika ada bencana, Napza, rokok, radikalisme, serta lingkungan tidak sehat.


Salah satu contoh implementasi program ramah anak yakni dilakukan dengan cara menyambut anak didik dengan ramah, saling bersalam-salam antara guru dengan murid-muridnya. 


"Menyambut anak didik dimaksudkan pula sebagai upaya penananam karakter terhadap anak didik agar dapat menjadi generasi cerdas, ber akhlaqul qarimah, berkarakter serta memahami sopan santun secara dini," tutup Hj Wahida.


Laporan: