Mentan Bagikan Bantuan Pertanian di Soppeng -->

Iklan Semua Halaman

Mentan Bagikan Bantuan Pertanian di Soppeng

24 November 2020

SOPPENGTERKINI.COM-- Menteri Pertanian RI DR.H.Syahrul Yasin Limpo,SH, M.Si, MH kunker di Kabupaten Soppeng. Agendanya penanaman padi mendukung gerakan percepatan tanam padi musim tanam Oktober - Maret 2020-2021.
PJS. Bupati Soppeng
Idam Kadir,S.Sos,M.Si mengucapkan selamat datang di kabupaten Soppeng. Semoga kedatanganya dapat menambah motivasi tentang perkembangan pertanian tanaman pangan dan perkebunan bagi masyarakat Kabupaten Soppeng

"Kami melaporkan ada beberapa bantuan bapak Menteri Pertanian Republik Indonesia kepada pemerintah Kabupaten Soppeng yang cukup besar pada tahun 2020 , yang pertama bantuan Kementerian Pertanian melalui satker pusat diantaranya bantuan benih padi inbrida sebanyak 100000 kg atau seluas 4000 hektar , yang kedua bantuan benih padi puswor sebanyak 27,275 kg atau 1091 hektar , perluasan area tanam baru padi seluas 446 hektar terdiri dari bantuan benih sebanyak 17480 kg dan sarana produksi lainnya.

bantuan benih jagung hibrida untuk PlP dan PAP sebanyak 122145 ribu kg atau 8143 hektar.

dari , sektor perkebunan pemerintah pusat tahun 2020 juga mengalokasikan bantuan di kabupaten Soppeng yang di antaranya program pengembangan kapas seluas 50 hektar terdiri dari bantuan benih sebanyak 300 kg dan bantuan sarana produksi lainnya.

kegiatan peremajaan tanaman kakao seluas 100 hektar yang terdiri dari bantuan bibit kakao

di samping ini pada tahun 2020 Kementerian Pertanian juga telah mengalokasikan bantuan sarana dan prasarana di kabupaten Soppeng diantaranya, alat dan mesin pertanian traktor roda empat sebanyak 36 unit, traktor roda 2 sebanyak 123 unit ,mesin pompa air sebanyak 115, cultivator sebanyak 76 unit , prontplanter sebanyak 1 unit ,hand sprayer otomatis sebanyak 11 unit, race planter 1 unit , unit pembekalan alsintan sebanyak 1 unit,

sarana prasarana infrastruktur lainnya yaitu rehabilitasi jaringan irigasi tersier melalui satker provinsi seluas 700 hektar dan melalui satker pusat seluas 500 hektar, pembuatan embun melalui satker provinsi sebanyak 1 unit dan melalui satker pusat sebanyak 4 unit , pembuatan irigasi air tanah dangkal melalui DAK di bidang pertanian sebanyak 5 unit, pembuatan DAM Parid melalui dana DAK bidang pertanian sebanyak 2 unit , optimasi lahan rawa melalui satker propinsi seluas
500 hektar.

Menteri Pertanian RI DR.H.Syahrul Yasin Limpo,SH,M.Si,MH mengaku
rindu datang ke Soppeng. Soppeng unggul Pertanian harus lebih maju lagi lebih dua kali lipat dari apa yang ada sekarang ini ,intinya yang paling penting , dan kita mau bertanam 4 kali di Soppeng , kalau 2 kali sudah ketinggalan itu, soppeng harus jadi percontohan di Indonesia, bukan saja Sulawesi Selatan.

untuk bisa 4 kali tanam maka yang pertama memang harus ganti varietas yang lebih cepat, kedua adalah harus pakai mekanisasi sambil pake orang supaya cepat , ketiga memang adalah budidayanya, itu orangnya memang harus dididik lebih kuat, keempat harus di koorporasi, kelima adalah hilirisasi nya harus diperbaiki.

saya berharap di gunung ada coklat ada kakao serta ada pala.

Indonesia dan dunia dihadapi virus Corona harus hati-hati semua, pakai masker ,jaga jarak ,cuci tangan, i serta makan makanan yang bergizi .

Kementan tidak boleh ada yang berhenti, pertanian adalah pejuang petani adalah pejuang mempertahankan kehidupan Negeri bangsa dan insya Allah kalian tidak terganggu sepanjang pertanian bisa berjalan lebih baik dan lebih lancar saya siap untuk membantunya.