Jalan Rusak Berat 327 KM -->

Iklan Semua Halaman

Jalan Rusak Berat 327 KM


SOPPENGTERKINI.COM--Kondisi jalan dalam wilayah Kabupaten Soppeng masih memperihatinkan. Dari total panjang jalan kabupaten 898,881 kilometer (km), sebagian mengalami kerusakan berat. Panjang jalan rusak berat mencapai 327,531 KM. 

Kabid Bina Marga PUPR Kabupaten Soppeng, Andi Asrianto Nongki mengatakan dari total jalan tersebut kondisi rusak ringan panjangnya 68,837  km. Selebihnyaa jalan kabupaten  dalam kondisi baik dan dalam kondisi rusak sedang.
Persentase kondisi jalan tahun 2020, kondisi mantap ( baik/sedang) : 58,40%
rusak ringan) 7,74% dan rusak berat) :33,86%

           “Setiap tahun kita selalu melakukan perbaikan jalan rusak. Namun, tingkat kerusakan jalan tiap tahunnya tidak sebanding dengan dana yang didapat. Anggaran untuk peningkatan jalan terbatas, sehingga hanya diprioritaskan yang mendesak diperbaiki,”kata A Asrianto, Rabu 6 Januari. 

Menurutnya salah satu penyebab kerusakan jalan karena sebagian sudah berumur tua. Disamping itu seringnya dilalui kendaraan bermuatan berat melebihi tonase jalan. 

Asrianto menambahkan Dinas PUPR terus berupaya menyelesaikan persoalan kerusakan jalan. Tahun 2021 ini, Dinas PUPR mengalokasikan anggaran itu untuk melakukan perbaikan dan peningkatan jalan kabupaten menggunakan dana DAK Rp 11,2 miliar. 

Anggaran tersebut diprioritaskan untuk jalan yang mengalami kerusakan cukup berat. Pengerjaan jalan dipusatkan jalan diluar kota Watansoppeng.