Bupati Buka Konsultasi Publik RKPD 2022 -->

Iklan Semua Halaman

Bupati Buka Konsultasi Publik RKPD 2022


SOPPENGTERKINI.COM--Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Soppeng Tahun 2023 digelar di Aula Kantor Gabungan Dinas, Selasa, 18 Januari 2022
Badan Perencanaan Pembangunan,. Penelitian Dan Pengembangan Daerah. (BAPPELITBANGDA) Kab. Soppeng mengambil tema Pemenuhan Layanan Dasar Berkualitas dan Perwujudan Daya Saing Daerah

Kepala Bappelitbanda Kab.Soppeng, Andi Agus Nongki, S.IP., M.Si dalam laporannya menyampaikan Konsultasi Publik kali ini merupakan suatu tahapan dalam penyusunan RKPD Tahun 2023 dimana merupakan tahun ke dua dari pelaksanaan Rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) kita, sehingga dalam penyusunannya berpedoman pada Peraturan Daerah Kabupaten Soppeng Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Soppeng Tahun 2021-2026, serta mengacu kepada Rancangan Awal RKPD Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2023, dengan mempertimbangkan Prioritas dan isu strategis nasional.

"Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik merupakan rangkaian tahapan yang dilaksanakan dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahunan sebelum perumusan rancangan akhir RKPD. Hal ini berdasarkan pada Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 yang mengamanatkan bahwa Rancangan Awal RKPD dibahas bersama dengan kepala Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan. Masukan dan saran kemudian akan dirumuskan dalam berita acara kesepakatan,"kata Agus Nongki.

Bupati Soppeng, H. Andi Kaswadi Razak, SE, dalam sambutannya Forum konsultasi publik ini menjadi wahana untuk menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan sasaran dan program pembangunan daerah sebagai bagian dalam penyusunan RKPD untuk Tahun Anggaran 2013. Forum ini juga merupakan tahapan penting sebelum dilaksanakannya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD kecamatan, forum lintas perangkat daerah dan musrenbang RKPD Kabupaten.

"Penyusunan RKPD Tahun Anggaran 2023 ini berpedoman pada arah pembangunan berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) kabupaten Soppeng 2005-2025, visi misi dan program presentasi kepala daerah dan isu strategis di Kab. Soppeng sehingga tema pembangunan yang diusung pada RKPD 2023 ini adalah "pemenuhan layanan dasar berkualitas dan perwujudan daya saing daerah"tambah A Kaswadi.