Pembangkit Listrik Tenaga Bayu Di Sidrap Belum Diresmikan Presiden Jokowi -->

Iklan Semua Halaman

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu Di Sidrap Belum Diresmikan Presiden Jokowi



KLIKSULSEL,SIDRAP - Sebanyak 30 kincir angin yang memproduksi 75 Megawatt (MW) listrik sudah berputar dan beroperasi di pengunungan Desa Lainungan dan Mattirotasi, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap,Sulsel.

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) itu, sedianya diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) namun hingga kini belum juga diresmikan.

Sebelumnya, Jokowi sudah mengutus beberapa menteri untuk meninjauh progres PLTB Sidrap. Seperti Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, Menteri BUMN, Rini M Soemarno dan Dirut PLN Sofyan Basir. Bahkan Wakil Ketua DPR RI, Dr Agus Hermanto, serta Wakil Ketua KPK, Laode M Syarief juga mengunjungi PLTB Sidrap.

"Soal peresmian belum ada kabar dari kantor Kepresidenan atau ESDM. Kita masih terus menunggu jadwal ini," kata press officer PT UPC Sidra Bayu Energi, Yermia Riesky

Diketahui, Listrik yang dihasilkan PLTB Sidrap sudah normal dan tidak ada lagi masalah. Semuanya sesuai harapan yakni menghasilkan energi listrik terbaharukan pertama dan terbesar di Indonesia.

Turbin angin ini dipasang pada menara baja setinggi 80 meter dengan panjang baling-baling turbin 57 meter. PLTB Sidrap ini menjadikan Indonesia sebagai satu dari sedikit negara di Asia yang mempunyai pembangkit bertenaga angin, seperti Jepang, China, dan Korea.
Editor: Rusman