Mengenal Lebih Dekat Sosok DR Andi Nurlinda -->

Iklan Semua Halaman

Mengenal Lebih Dekat Sosok DR Andi Nurlinda


SOPPENGTERKINI.COM - Pemilik lengkap Dr. Andi Nurlinda, SKM., M.Kes adalah sosok seorang akademisi, musisi dan pengusaha. Lahir di sebuah kampung di Kabupaten Soppeng yaitu kampung Ukkee Desa Pesse Kecamatan Donri-Donri. Andi Linda demikian panggilan sehari-harinya telah memperlihatkan bakat-bakat alamiahnya sejak kecil.

Di bidang akademik, beliau langganan rangking satu di SDN 32 Ukke'e, tidak tanggung tanggung, niai raportnya didominasi angka 10. Bahkan saat pindah di SDN 130 Bocco Kabupaten Wajo, Andi Nurlinda memiliki NEM tertinggi se-Kecamatan Takkalalla. Saat sekolah di SMPN 2 Watansoppeng, Andi Nurlinda lagi-lagi menyandang juara umum 1 dari kelas 1 sampai kelas 3 SMP.

Prestasi ini membawanya ke predikat sebagai murid teladan. Andi Nurlinda juga menyukai seni baik seni suara, maupun seni berbicara seperti puisi dan pidato. Beberapa kali memenangkan juara baca puisi se-Kecamatan Donri-Donri, saat di SD juga meraih juara 1 perlombaan pidato Pertasihutkencana se-Kabupaten Soppenng tahun1989. Di SMAN 1 Watansoppeng, Andi Nurlinda duduk di kelas unggulan dan masuk dalam 10 besar.

Sejak beranjak remaja ia rajin mengikuti lomba nyanyi, mulai lomba karaoke, lomba bintang radio dan televisi, lomba lagu daerah, lomba lagu antar mahasiswa, hingga audisi menjadi pengisi acara di TVRI Makassar, lomba cipta pesona bintang dan lain lain. Berbagai acara TVRI diisinya antara lain mari berdendang, lagu daerah, mario rama dan lain-lain.

Saat mahasiswa pun, Andi Nurlinda tercatat sebagai vokalis healty band FKM UNHAS. Setelah berumahtangga Andi Nurlinda sering memberikan piala di instansi tempat suaminya bekerja, saat itu mewakili Darmawanita Kanwil Penerangan Sulsel. Walaupun telah berumahtangga dan telah memiliki 3 orang anak yakni Andi Mesyara Jerni Masawara, Andi Azura Arumi Masomba dan Andi Muhammad Ingkra Irfana Arbila, ibu ini tetap mementingkan pendidikan, pada tahun 2000 Andi Nurlinda melanjutkan pasca sarjan S2 di Universitas Hasanuddin, mengambil konsentrasi ilmu gizi, tahun 2002 dan diterima menjadi dosen tetap yayasan Universitas Muslim Indonesia.

Tidak puas dengan menyandang gelar magister kesehatan saja, tahun 2006 atas dukungan suaminya Dr. Andi Zainal, SH, MH, Andi Nurlinda melanjutkan pendidikan S3 di Institut Pertanian Bogor, dengan mengambil jurusan gizi dan sumber daya keluarga.

Di Bogor, Andi Nurlinda tetap menyeimbangkan antara seni dan akademik dengan bergabung dengan Anova Band sebagai vokalis. Gelar Doktor diperoleh bulan Februari tahun 2010 dengan judul disertasi optimalisasi konsumsi pangan berdasarkan kebutuhan gizi, kebiasaan pangan bagi rumah tangga miskin. Disertasi ini menghasilkan 182 menu sehat tapi murah untuk kelompok umur bayi sampai lansia. Pertengan tahun 2006 ia diberikan amanah sebagai wakil dekan 2 FKM UMI dan pembina komunitas gizi UMI. Selanjutnya menjadi pengurus di PERSAKMI dan IAKMI.

Berbagai seminar, symposium dan kongres baik di dalam negeri maupun di luar negeri telah diikutinya baik sebagai peserta maupun sebagai pembicara. Bahkan buku karyanya yang berjudul Gizi Baduta yang diterbitkan oleh penerbit Andi Yogyakarta tahun 2013 silam, menjadi buku referensi di seluruh instituti kesehatan di seluruh indonesia.

Pemilik perusahaan Ingkra Jerni Masomba (IJM) dan Yayasan ini, tak pernah berhenti berkarya bahkan album pertamanya yang diproduseri sendiri telah launching Agustus tahun 2014. Band bentukannya diberi nama Andi Nurlinda dan Umikustik telah berisi 4 lagu yaitu SSKM, Gelisah, Hukum aku dan Teladan. Album yang berjudul "Keteladanan Cinta http://darkmp3.ru/album-umikustik-dalam-keteladanan-cinta-9964400.html" ini, Lagu-lagunya dapat didapatkan di iTunes, path, google dan lain lain.

Bahkan lagu teladan bertengger sebagai jawara beberapa pekan bulan ramadan lalu. Sejak tahun 2012 aktif bekerja dan menjadi konsultan kesehatan di 4life research USA. Kegiatannya di 4life telah memberikan harapan hidup kepada lebih banyak orang karena kemampuhan produk yang mampu menanggulangi kanker stadium 4, autis, jantung dan HIV Aids.

Dalam bidang kepemimpinan, Andi Nurlinda merupakan pengurus lembaga majelis permusyawaratan mahasiswa FKM dan aktif di senat mahasiswa dan senat mahasiswa universitas serta HMI sejak tahun 1993-1996. Menjadi Finalis I am President dengan perolehan suara tertinggi nomor 2 se Indonesia tahun 2012 di Jakarta. Tahun 2004 menjadi caleg tunggal partai Patriot Pancasila daerah pemilihan Bone Soppeng dan Wajo, dan pada tahun 2015 lalu mendapat support dari berbagi kalangan untuk mengikuti pemilihan calon Bupati Soppeng.


Penulis: Risal
Editor: Abhy