Masyarakat Kabupaten Wajo Dihimbau Berpartisipasi Awasi Pemilu -->

Iklan Semua Halaman

Masyarakat Kabupaten Wajo Dihimbau Berpartisipasi Awasi Pemilu


KLIKSEULSEL.COM,WAJO--Untuk menghindari adanya kecurangan pada pesta demokrasi, Masyarakat Kabupaten Wajo dihimbau turut serta dalam melakukan pengawasan terhadapa pelaksanaan pemilu tahun 2019 mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Kasubag Tekhnis Pengawasan dan Potensi Pelanggaran (TP3) Bawaslu Sulsel Zulkifli ST.MM saat menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif pemilu di Kabupaten Wajo Selasa (09/10/2018) kemarin.

Menurutnya, untuk memaksimalkan tugas pokok dan fungsi Bawaslu sesuai dengan amanat UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, pihaknya mengajak seluruh elemen untuk bersama-sama Bawaslu melakukan pengawasan Pemilu.

Hal senada juga diungkapkan oleh Komisioner Bawaslu Sulsel, Koordiv Pengawasan, Amrayadi,SH. Menurutnya, tantangan dalam pengawasan pemilu oleh Bawaslu semakin besar dan kompleks, salah satu kendalanya adalah keterbatasan personil.

"Jumlah pengawas tidak sebanding dengan luas wilayah dan jumlah pemilih, sehingga partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk turut serta mengawal pelaksnaaan pemilu 2019," ujarnya

Pelaksanaan sosialisasi di Sengkang Kabupaten Wajo kata Mantan Ketua KPU Soppeng ini diharapkan mempu mendorong masyarakat ikut mencegah terjadinya pelanggaran pemilu sehingga pelanggaran pemilu dapat diminimalisir.

"Di Bawaslu selain fungsi penindakan pelanggaran ada fungsi baru yang diberikan sesuai amanat Undang-undang yakni fungsi pencegahan. Intinya peran masyarakat, ormas, parpol dan media massa sangat menentukan pemilu uang berintegritas," tandansya


Penulis : Arisal
Editor : Abhy