Didesak DPRD, Camat Pitumpanua Pastikan TPA Difungsikan Akhir Bulan -->

Iklan Semua Halaman

Didesak DPRD, Camat Pitumpanua Pastikan TPA Difungsikan Akhir Bulan

Redaksi
Foto Camat Pitumpanua (tengah) Andi Mamu. Int

SOPPENGTERKINI.COM,WAJO - Pemerintah kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo terus menggenjot pembangunan untuk pemanfaatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berada di wilayah Desa Bau-Bau, Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, sehingga dapat difungsikan secara maksimal.

Menurut Camat Pitumpanua, Andi Mamu, progres pemanfaatan TPA di Desa Bau-Bau dikerjakan secara bertahap karena minimnya anggaran yang tersedia sejak perencanaan dimulai. Persiapan dimulai dari sarana dan prasarana kebersihan dan juga akses jalan menuju TPA.

Menurutnya, progres TPA dimulai sejak tahun 2017, dengan membangun ruas jalan beton menuju lokasi TPA sepanjang 1 kilometer. Namun, pada tahun 2018 lalu, pembangunan TPA terhenti karena alokasi anggaran dihentikan sebab diprioritaskan untuk Pilkada.

"Masih dibutuhkan penimbunan jalan turun ke lokasi TPA, karena tak ada anggaran, maka untuk tahun 2019 ini saya berinisiatif meminta Dana Desa Bau-Bau melakukan penimbunan di kawasan yang dimaksud, progresnya sementara distribusi timbunan ke lokasi TPA," kata Andi Mamu.

Mantan Ajudan Bupati Wajo HA Burhanuddin Unru itu, mengakui progres pemanfaatan TPA sedikit lamban karena minimnya anggaran yang disiapkan, sehingga pengerjaan yang dilakukan juga dikerjakan secara bertahap.

Saat ini Pemerintah Kecamatan bersama Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) sudah menyiapkan armada sampah, terdiri dari Mobil 1 unit dan motor 4 unit. Selain itu, juga sudah dianggarkan untuk penggajian 1 sopir dan 3 awak, BBM, Suku cadang dan peralatan kebersihan.
 
"Kemudian saya sudah perintahkan kepada seluruh Lurah/Desa untuk membuat jalur layanan pengangkutan sampah yang dilalui setiap harinya sehingga kita akan tentukan jalurnya dan semua lurah saat ini sudah intens melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar sampah tidak lagi dibuang sembarangan," terang Andi Mamu.

Baca juga: DPRD Wajo Desak Pemanfaatan TPA, Klik Tanggapan Camat Pitumpanua

Diketahui, Komisi III DPRD Kabupaten Wajo sudah mendesak pemerintah kecamatan Pitumpanua memfungsikan TPA, untuk meningkatkan kualitas kebersihan lingkungan masyarakat di Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo.

Laporan: Rus
Editor: Risal