Wajo Kekurangan Penghulu, Pelayanan Terhambat.! -->

Iklan Semua Halaman

Wajo Kekurangan Penghulu, Pelayanan Terhambat.!

Kantor Kemenag Wajo

SOPPENGTERKINI.COM,WAJO - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Wajo kekurangan Empat Kepala Kantor Urusan Agama (KUA). Keempat KUA yang masih kosong yakni KUA Keera, Maniangpajo, Gilireng dan KUA Tanasitolo.

Menurut Kepala Seksi Pembinaan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wajo, Muhammad Subhan, kekosongan terjadi karena tak ada Penghulu yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Wajo.

Sementara Peraturan Menteri Agama nomor 19 tahun 2019 tentang pencatatan perkawinan mengatur terkait Penghulu yang diberikan tugas tambahan selaku Kepala Kantor Urusan Agama.

"Di Kabupaten Wajo, cuma 10 penghulu yang berstatus ASN. Jadi, untuk mengisi kekosongan sejumlah Kepala KUA, pihak Kemenang Wajo menunjuk pelaksana harian," kata Muhammad Subhan.

Peraturan tersebut juga menjadi kendala bagi Imam Desa/Kelurahan yang biasanya jadi penghulu atau pembantu pegawai pencatat nikah (P3N), sehingga jika banyak pernikahan maka akan menghambat pelayanan pada masyarakat.

"Kami berharap, Kanwil Kemenag Sulsel mempertimbangkan untuk menambah penghulu yang ASN di Kabupaten Wajo. Mungkin daerah yang kelebihan penghulu ASN bisa ditransfer ke Kabupaten Wajo, kan kasihan terhadap pelayanan masyarakat,"katanya.

Laporan: Hamzah
Editor: Risal