Forum Bela Negara Kampar Kritisi Insiden Kapal Tenggelam -->

Iklan Semua Halaman

Forum Bela Negara Kampar Kritisi Insiden Kapal Tenggelam

Ilustrasi kapal tenggelam

SOPPENGTERKINI.COM,RIAU - DPD Forum Bela Negara Republik Indonesia Kabupaten Kampar, Provinsi Riau desak Pemerintah dan istansi terkait lainnya, tindaklanjuti insiden tenggelamnya kapal angkutan jasa merk KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Senin (18/6/2018) beberapa hari lalu.

Hal itu disampaikan Sekda DPD FBN RI Kabupaten Kampar, Manganar M Nainggolan kepada media, Kamis (21/6/2018).

Harapnya, melalui pemberitaan ini, Pemerintah Pusat, Daerah, serta Dinas terkait lainnya dapat menindak lanjuti tragedi tenggelamnya kapal angkutan jasa perairan Danau Toba yang mengangkut berkisar 166 penumpang terdiri dari anak di bawah umur hingga lanjut usia.

Lelaki yang akrab disapa Anar ini menambahkan, tindak lanjut dimaksud mendesak Pemerintah dan Dinas terkait tentang jasa angkutan perairan Danau Toba, harus dapat dibuktikan dan dipertanggungjawabkan oleh pelaksana Kerja Dinas setempat.

"Pengawasan angkutannya sebelum melakukan perjalanan sesuai aturan, apakah benar benar terlaksana? hal ini harus dapat dibuktikan oleh Dinas terkait atau Dinas Perhubungan setempat, kapasitas angkutan kapal apakah sesuai aturan ? selanjutnya aturan standard keselamatan penumpang apakah juga terpenuhi? hal ini harus dapat dipertanggung jawabkan," imbuh nya.

Lanjut Anar, jika pengoperasian angkutan jasa kapal di perairan Danau Toba tidak sesuai aturan yang berlaku, ia menegaskan sanksi dalam pelanggarannya harus ditegakkan sebagai efek jera kepada pemangku jabatan lainnya.

"Jika dari Dinas terkait tutup mata akan pelanggaran aturan angkutan jasa kapal perairan Danau Toba, pecat saja pimpinannya serta petugas lapangannya agar berdampak sebagai efek jera ke pada yang lain, dalam hal ini jika terbukti tenggelamnya kapal akibat pelanggaran aturan, maka Pemerintah harus tegas," katanya.

Mengakhiri penyampainnya, Anar Nainggolan mewakili FBN RI terkhusus Kabupaten Kampar menyampaikan bela sungkawa turut berduka cita atas korban tenggelamnya kapal perairan Danau Toba tujuan Simanindo-Tigaras.

"Turut dalam doa, semoga korban meninggal dunia diterima Allah di sisinya serta keluarga yang berduka diberikan ketabahan dan penghiburan oleh yang Maha Kuasa, Amin " tutup nya dalam doa.(*)

Editor: Abhy