Andi Bau Budi Agus Dinobatkan Sebagai Arung Belawa -->

Iklan Semua Halaman

Andi Bau Budi Agus Dinobatkan Sebagai Arung Belawa


SOPPENGTERKINI.COM,WAJO - Dewan adat berserta masyarakat Belawa Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, terbukti masih terus menjaga dan melestarikan budaya serta adat istiadatnya.

Dewan adat keturunan raja menobatkan Andi Bau Budi Agus Sulolipu sebagai Arung Belawa dengan gelar Datu Budi Datu Sulolipu Datu Belawa Makkarung Ri Belawa.

Penobatan Datu Budi Datu Sulolipu Datu Patongai sebagai Arung Belawa digelar di Saoraja Belawa Jl H Datu Sulolipu Menge Kecamatan Belawa, Jumat (7/9/2018), yang dihadiri sejumlah raja-raja dari daerah tetangga.

Menurut Datu Budi, penobatan dirinya menjadi Arung Belawa merupakan upaya dari pelestarian leluhur masyarakat Belawa yang dikenal dengan sebutan Bumi To Sagenae  agar senantiasa mengenang dan kebudayaan nya.

"Penobatan ini untuk mengenang petuah leluhur kita dimana masyarakat Belawa memang selalu menjaga dan melestarikan Budaya nya," kata Datu Budi.


Usai dinobatkan, pria yang menjabat sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Wajo, itu kemudian diarak pasukan kerjaaan Belawa ke pemakaman raja-raja sebelumnya dilanjutkan pagelaran Pesta Rakyat.

Penulis: One
Editor: Abhy