Pertumbuhan Ekonomi Wajo Dipengaruhi Sektor Pertanian, Serapan Tenaga Kerja Menurun -->

Iklan Semua Halaman

Pertumbuhan Ekonomi Wajo Dipengaruhi Sektor Pertanian, Serapan Tenaga Kerja Menurun


SOPPENGTERKINI.COM,WAJO - Badan Pusat Statistik (BPS) menggelar Ekspose Data Indikator Pembangunan Kabupaten Wajo Tahun 2017, bersama dengan wartawan lokal dan regional yang bertugas di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Rabu 19/9/2018.

Dalam pemaparan Kepala BPS Kabupaten Wajo, Ir Syahrir Wahab mengatakan, Ekonomi Kabupaten Wajo tumbuh 5,22 persen tahun 2017. Grafik perekonomian Kabupaten Wajo terlihat melaju lebih cepat jika dibandingkan dengan data tahun 2016 yang hanya 4,98 persen.

Salah satu indikator peningkatan ekonomi Kabupaten Wajo yang berpengaruh yakni sektor Pertanian. Namun menurutnya, laju pertumbuhan perekonomian di sektor pertanian tidak berbanding lurus dengan penyerapan tenaga kerja.

Data BPS Kabupaten Wajo menyebutkan dari 177.301 jiwa angkatan kerja,  yang bekerja sebanyak 96,94 persen dan pengangguran sekitar 5.000 jiwa atau presentasi 3,06 persen.

Melajunya ekonomi di Kabupaten Wajo  juga dipengaruhi industri pengolahan, listrik, gas, dan air yang tumbuh positif. Perdagangan, hotel, dan restoran juga berkontribusi  terhadap pertumbuhan ekonomi di Wajo.

"Meskipun pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan yang baik di sektor Pertanian namun sayangnya tidak menyerap tenaga kerja dengan maksimal karena semakin berkembangnya teknologi pertanian," kata Syahrir Wahab.


Penulis: Risal
Editor: Abhy