Santapan Para Raja, Bale Bungo Dipercaya Tingkatkan Libido Pria -->

Iklan Semua Halaman

Santapan Para Raja, Bale Bungo Dipercaya Tingkatkan Libido Pria


SOPPENGTERKINI.COM - Spesies ikan bertutu hidup di air tawar berlumpur banyak berkembang biak di perairan Danau Tempe, Sulawesi Selatan. Masyarakat pesisir Danau Tempe menyebutnya Bale Bungo. 

Bale Bungo, merupakan ikan kecil yang berwarna kuning kecoklatan pucat, ukuran panjangnya berkisar antara 10 hingga 13 sentimeter. Pada bagian ekornya memiliki 3 hingga 4 garis hitam melintang agak transparan.

Dari berbagai sumber menyebutkan, Bale Bungo dipercaya memiliki kandungan protein tinggi dan banyak khasiat, diantaranya meningkatkan Libido Pria, dan memiliki kandungan Omega Tiga yang berfungsi untuk mengatasi Pikun, menstabilkan Kolesterol, serta mengatasi penyakit Jantung dan asma.

Konon Bale Bungo hanya disantap oleh para raja-raja masa dahulu dan para petinggi negeri ini. Seiring perkembangan, Bale Bungo kini menjadi salah satu mata pencarian warga, terutamanya nelayan.

Biasanya Bale Bungo dibelah lalu dikeringkan, dan disajikan dengan cara mengoreng nya, rasanya renyah dan kriuk-kriuk, sehingga orang biasa menyebutnya Ikan Kerupuk.

Sekedar diketahui Danau Tempe, 75 persen wilayahnya masuk Kabupaten Wajo, 20 persen wilayah Kabupaten Soppeng dan 10 persen masuk dalam wilayah Kabupaten Sidrap.

Penulis: Risal
Editor: Abhy