Nelayan Danau Tempe Minta Pemerintah Beri Solusi Musnahkan Ikan Tokek -->

Iklan Semua Halaman

Nelayan Danau Tempe Minta Pemerintah Beri Solusi Musnahkan Ikan Tokek


SOPPENGTERKINI.COM,SOPPENG - Ikan Tokek atau Ikan sapu-sapu (Hypostamus plecostomus) terus mengalami perkembangbiakan dengan pesat di perairan Danau Tempe, Sulawesi Selatan.

Perkembangbiakan Ikan Tokek diakui sangat meresahkan warga yang menggantungkan hidupnya, sebagai nelayan di Danau Tempe. Ikan Tokek kerap kali merobek jaring nelayan, karena sisik dan durinya tajam.

Selain itu, Ikan sapu-sapu juga memangsa ikan kecil juga telur-telur ikan, sehingga mengambat populasi ikan jenis lainnya di Dananu Tempe."Sehingga habitat ikan lain di danau sudah punah," ungkap Nelayan dari Kabupaten Soppeng, Ismail, Minggu 11/11/2018.

Nelayan dari Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo, Iskandar mengaku perkembangbiakan Ikan Toke sangat subur, sehingga dirinya dalam sehari saja sudah mampu mendapatkan tiga perahu Ikan Tokek yang di bawah ke pinggir Danau untuk dibuang.

Akibat Ikan Tokek pendapatan para Nelayan menurun drastis hanya berkisaran Rp10 juta satu kali panen, sebelumnya nelayan Dananu Tempe mampu mencapai pendapatan di kisaran Rp250 juta satu kali panen.

"Jadi harapan kami (Nelayan) kepada pemerintah untuk segera mencarikan solusi, bagaimana caranya memusnahkan ikan sapu-sapu yang ada di Danau Tempe," katanya.

Penulis: Lantur
Editor: Abhy