Visi Misi dan 25 Program Bupati Wajo Periode 2019-2024

Iklan Semua Halaman

Visi Misi dan 25 Program Bupati Wajo Periode 2019-2024

Bupati dan Wakil Bupati Wajo periode 2019-2024 saat membacakan visi misi dan 25 program 


SOPPENGTERKINI.COM,WAJO - Pada agenda Sidang Paripurna Pemaparan Visi Misi Bupati  dan Wakil Bupati Wajo priode 2019- 2024, DR H Amran Mahmud dan Haji Amran SE yang dilaksanakan di ruang Sidang Paripurna, lantai II Gedung DPRD Kabupaten Wajo,Sulawesi Selatan (Sulsel) Senin 18/2/2019.

Dalam pemaparan, DR H Amran Mahmud dan Haji Amran SE mengakui jika menyusun Visi dan Misi berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Nasional, Provinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten Wajo, serta permasalahan pembangunan, isu darah dan kondisi daerah.

Diketahui RPJP Nasional 2005-2025 yakni Indonesia yang mandiri, adil dan makmur sedangkan RPJP Provinsi Sulawesi Selatan 2008-2028 yakni wilayah terkemuka di Indonesia melalui pendekatan kemandirian lokal yang bernafas keagaaman. Sementara diketahui RPJP Kabupaten Wajo 2005-2025 adalah Kabupaten Wajo yang sejahtera, mandiri dan demokratis bernafaskan keagamaan.

Sehingga pasangan jargon PAMMASE (Pak Amran Mahmud- Pak Amran SE) menawarkan visi yang difokuskan untuk melanjutkan dan menyempurnakan pembangunan yang telah dilakukan pada tahap sebelumnya diberbagai bidang pembangunan, yang ditujukan untuk lebih memantapkan perwujudan dan Kabupaten Wajo yang mampu menciptakan Pemerintahan yang Baik, dengan mengoptimalkan potensi daerah dengan berwawasan lingkungan, memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, memiliki masyarakat yang mapan dan sejahtera.

Kata kunci visi PAMMASE 2019-2024 adalah Pemerintah Amanah, menju Wajo maju dan sejahtera.


Sidang Paripurna Pemaparan Visi Misi Bupati  dan Wakil Bupati Wajo priode 2019- 2024, DR H Amran Mahmud dan Haji Amran SE 

Dimaksudkan Pemerintah Amanah: yakni penyelenggaraan tata kelolal pemerintahan yang bersih dengan mengedepankan prinsip akuntabilitas yang bebas dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme, prinsip transparansi  dan prinsip partisipatif dilaksanakan oleh Aparatur SIpil Negara (ASN) yang berkompeten serta melibatkan pemangku kepentingan dan pihak swasta dengan menjunjung tinggi filsafah masyarakat Wajo yang demokratis" Maradeka to Wajo`e taro pasoro gauna, naisseng alena, adena napo puang" dan prinsip 3S (Sipakatau-Sipaklebbi-Sipakainge) dan berlandaskan nilai relegius keagamaan.

Maju yakni kondisi kehidupan masyarakat Wajo yang senantiasa terdepan di Sulawesi Selatan dalam penyelenggaraan pemerintahan yang berinovasi, pembangunan infrastruktur dasar masyarakat yang berkeadilan dan pelayanan masyarakat yang berkualitas pada pelayanan dasar dengan manfaatkan potensi unggulan daerah yang berwawasan lingkungan guna menciptakan kemandirian daerah, memperkuat daya saing kompetetif dan komparatif daerah.

Sejahtera yakni kondisi kehidupan masyarakat Wajo yang senantiasa meningkatkan dan mapan dalam memenuhi kehidupan yang layak meliputi Sandang, Pangan, Papadan Rohani berupa meningkatnya pendapatan masyarakat, meningkatnya laju pertumbuhan ekonomi, menurunnya tingkat kemiskinan, menurnunya indeks rasio gini dan menurunnya tingkat pengangguran terbuka.

Misi Pemerintahan Amran Mahmud-Amran SE adalah merealisasikan visi: Pemerintah Amanah, menuju Wajo maju dan Sejahtera, dimana meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan amanah. Meningkatkan kualitas tatanan kehidupan masyarakat yang cerdas, sehat dan beriman. Meningkatkan konektifitas dan infrastruktur dasar daerah yang berwawasan lingkungan. Dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah yang merata dan berkeadilan," dalam pemeparan Amran Mahmud.

Lanjut dibacakan, Sulapa Eppa (Pemerintah,Maju,Amanah, dan Sejahtera) agenda prioritas pembangunan kedepan yakni reformasi birokrasi yang transparan dan akuntabel. Memperlancar arus pergerakan barang, orang dan jasa antar wilayah dan kualitas lingkungan hidup. Akselerasi penngkatan kualitas hidup manusia dan karakter religius masyarakat. Dan menggerakkan produktifitas sektor unggulan daerah.

Sidang Paripurna Pemaparan Visi Misi Bupati  dan Wakil Bupati Wajo priode 2019- 2024, DR H Amran Mahmud dan Haji Amran SE 

Seperti yang sering didengungkan sebagai janji politik pada Pilkada, pasangan Amran Mahmud-Amran SE akan merealisasikan 25 program kerja nyata untuk 5 tahun kedepan yakni.

1.  Paten (Pelayanan administrasi terpadu Kecamatan) dan layanan publik satu pintu yang transparan dan efisien.
2.  Percepatan  reformasi borokrasi dan E- Goverment( penggunaan teknologi informasi).
3.  Zona integritas menuju kawasan bebas korupsi.
4.  Memperkuat kelembagaan desa.
5.  Meningkatkan tunjangan kepala desa dan perangkat desa.
6.  Otto Dottoro (Mobil dan Dokter dan peralatan lengkap satu paket yang ada di mobil OTO Dokttoro).
7.  Merevitasi sarana kesehatan dan pendidikan.
8.  Menyediakan 6 (enam) dokter ahli di rumah sakit.
9.  Melanjutkan pendidikan dan kesehatan gratis.
10. 5000 (lima ribu) beasiswa,bagi siswa yang berprestasi dan kurang mampu.
11. Meningkatkan insentif tunjangan pegawai syara.
12. Gemantik (Gerakan Masjid Cantik).
13. Rumah pintar setiap kecamatan.
14. 1000 (seribu) kilometer jalan kondisi mantap.
15. Sport area tersedia di setiap kecamatan.
16. 10.000 (sepuluh ribu) wirausahawan baru.
17. Satu Kecamatan satu produk unggulan.
18. Penataan pasar.
19.Air layak minum.
20. Pertanian terpadu.
21. Jaminan harga (resi gudang).
22. Peningkatan pendapatan per kapita 60 juta.
23. Rumah sehat untuk warga kurang mampu.
24. Kedaulatan pangan , jaringan irigasi yang baik, ketersedian pupuk dan lahan pertanian yang berkelanjutan.
25. Bantuan modal usaha, teknologi dan pemasaran bagi koperasi, UMKM, Petani, peternak dan nelayan.(Adv)