KPU Wajo Simulasikan Aplikasi Situng

Iklan Semua Halaman

KPU Wajo Simulasikan Aplikasi Situng

SOPPENGTERKINI.COM,WAJO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wajo menggelar simulasi penggunaan aplikasi sistem pemungutan dan penghitungan suara (Situng) Pemilu serentak 2019, di Hotel Eka Sengkang, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Selasa 2/4/2019.


Ketua KPU Wajo Ustadz Haedar mengatakan, salah satu persiapan dari KPU Wajo dalam menghadapi Pemilu serentak 17 April 2019 mendatang, yakni aplikasi Situng. Aplikasi Situng merupakan bentuk keterbukaan  penyelenggaraan pemilu  sehingga dapat menghasilkan Pemilu yang berintegritas.


"Aplikasi ini akan menjadi parameter kepercayaan publik akan hasil pemilu, karena semua data akan di update dan dapat diakses masyarakat luas. Tentu adanya aplikasi Situng kita berharap dapat meningkatkan kepercayaan dan keyakinan masyarakat atas hasil Pemilu yang berintegritas," kata Haedar.


Sementara Komisioner Bawaslu Wajo, Heriyanto mengapresiasi aplikasi Situng karena dapat mempermudah masyarakat luas, dan mengefisienkan kerja- kerja pelaksana maupun peserta pemilu pada hari pencoblosan dan perhitungan suara.


Sekedar diketahui pada 17 April 2019 mendatang akan dilaksanakan Pemilu serentak. Ada lima kertas suara yang akan dicoblos pemilih yakni DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, DPD, dan Pilpres.


Laporan: Ichal Mahendra