Gubenur Puji Soppeng Hadirkan Fasilitas PCR Pertama di Indonesia Timur -->

Iklan Semua Halaman

Gubenur Puji Soppeng Hadirkan Fasilitas PCR Pertama di Indonesia Timur



SOPPENGTERKINI.COMWATANSOPPENG - Gubernur Sulsel H Nurdin Abdullah mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng dalam penanganan Covid 19. Dibawah kepemimpinan Bupati Soppeng, A Kaswadi Razak menyiapkan fasilitas Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mempercepat hasil pemeriksaan Swab untuk mendeteksi virus korona.

PCR tersebut berada di laboratorium kesehatan daerah (labkesda) di Jalan Samudra. Peresmiannya dilakukan Nurdin Abdullah, Rabu 22 April lalu.




"Kita apresiasi Bupati dan jajarannya. Jarang pemkab punya inisiatif untuk menghadirkan fasilitas kesehatan PCR untuk pemeriksaan virus covid 19," kata Nurdin Abdullah.

Apalagi, lanjut Nurdin, selain ruang PCR, pemkab juga menyediakan ruang isolasi. Sehingga penanganan pasien covid 19 lebih cepat.

"Hadirnya fasilitas ini, tentu membuat masyarakat merasa lebih tenang. Ketika ada kasus positif, sudah disiapkan ruang isolasi,"tambah Nurdin.

Kedepannya dengan fasilitas yang dimiliki Soppeng, kemungkinan besar Makassar membutuhkan bantuan Soppeng agar lebih cepat pemeriksaan hasil swab. Termasuk daerah tetangga yang bisa memanfaatkan kehadiran fasilitas ini. 



"Soppeng membuat langkah nyata.  Tidak perlu menunggu lama akibat lambatnya hasil PCR. Soppeng sudah bisa mengatasinya dan mendeteksi jika ada positif covid 19," tambah Nurdin.

Dengan fasilitas ini, akan menjadikan RS Soppeng sebagai rumah sakit rujukan. Terutama daerah tetangga.

"Bersyukurlah daerah tetangga Soppeng. Bisa memanfaatkan fasilitas isolasi Rumah Sakit yang dapat dijadikan rujukan dan tempat pemeriksaan Swab," terangnya.

Bupati Soppeng, HA Kaswadi Razak
mengatakan, latar belakang hadirnya lab di Soppeng adalah untuk memutus virus corona. Apalagi selama ini lambatnya hasil pemeriksaan swab.

"Ini bentuk perhatian Pemkab Soppeng untuk memutus penyebaran virus Corona. Lab ini bisa mempercepat dan mendeteksi jika ada pasien positif covid 19" ujar A Kaswadi

Menurutnya untuk menunjang fasilitas yang ada,  pihaknya sudah mengirim tenaga medis untuk membantu melaksanakan pemeriksaan. Termasuk fasilitas sesuai standar.

"Fasilitas yang dimiliki Lab Kesehatan Daerah (Labkesda) ini, menjadikan Soppeng daerah pertama di Indonesia timur yang menyediakan fasilitas PCR. Termasuk ruang isolasi perawatan pasien Covid-19 dan ruang perawat,"tambah Kaswadi.

"Fasilitas ini semata-mata berupaya antisipasi segala kemungkinan terburuk yang bisa terjadi. Alat kami insha Allah bisa dimanfaatkan daerah tetangga. Kalau orangnya kami tidak terima dulu," sambung Kaswadi. ($)