Soppeng Datangkan PCR dari Jerman

Iklan Semua Halaman

Soppeng Datangkan PCR dari Jerman



SOPPENGTERKINI.COM,WATANSOPPENG--Pemerintah Kabupaten Soppeng berbuat maksimal dalam penangan covid 19. Tak tanggung-tanggung mendatangkan Polimerase Chain Reaction (PCR) dari Jerman.

Kadis Kominfo Soppeng, Sarianto membenarkan pengadaan itu. Menurutnya ini terobosan Bupati Soppeng, A Kaswadi dalam penangan covid 19.

"PCR didatangkan khusus dari Jerman. Alat PCR ini berada di laboratorium Kesehatan Daerah,"kata Sarianto, Kamis 23 April.

Pengelola laboratorium Kesda, dr Mustakim yang juga ahli Patologi menambahkan alat ini mampu mendeteksi adanya virus covid-19 didalam tubuh manusia melalui Swab. Butuh waktu sekitar dua jam untuk mengetahui hasilnya dan mampu melayani pasien 90 orang  perhari.

“Cara kerja PCR ini yakni spesimennya  diambil dari Swab nasofaring (Lendir). Selanjutnya spesimen itu dilakukan extraksi DNA atau LNA. Dan hasilnya bisa diketahui dalam waktu dua jam,”jelas Mustakim

Dengan adanya alat ini, status pasien bisa diketahui lebih cepat. Dan swab tidak perlu lagi dikirim ke Makassar.
Selain itu, Pemkab juga menyedian ruang isolasi khusus pasien covid 19 di eks rumah sakit Soppeng di Jalan Samudra. Sejumlah kamar telah dilengkapi fasilitas sesuai standar. ($)