10 Tenaga Ahli dan 2 Ahli Dilatih Pengambilan Swab -->

Iklan Semua Halaman

10 Tenaga Ahli dan 2 Ahli Dilatih Pengambilan Swab


SOPPENGTERKINI.COM, Sebanyak 10 orang tenaga Ahli tehnologi laborotorium medik (ATLM) dan 2 orang dokter ahli  Soppeng yang bertugas dalam penanganan Covid 19 Kabupaten Soppeng mendapat pelatihan pengambilan sampel swab, Minggu 3 Mei. Pelatihan ini sebagai persiapan pengoprasian Labkesda Kabupaten Soppeng untuk penanganan covid 19.

Kadis Kominfo Soppeng Drs. Sarianto mengatakan pemateri dari Tim BBLK Makassar. Tim yang sudah berpengalaman itu terdiri dari Rustam Syam,S.Si,M.Kes. dr.Yoeke Dewi Rasita,Sp.MK serta dibantu oleh Fatmawati Dari Labkesda Soppeng.



"Pelatihan tersebut memberi bekal para ATML Dan dokter Ahli tentang materi tentang cara praktek pengambilan swab. Ini dilakukan sebagai persiapan pengoprasian PCR di Labkesda yang dimiliki Soppeng. PCR ini merupakan yang pertama dimiliki daerah di Indonesia Timur,"kata Sarianto.

Pada kesempatan tersebut Juga dilakukan Swab Chamber, yang didesain khusus untuk pengambilan sampel dilapangan. Juga ada kegiatan tes panel yang harus dilewati Labkesda sebagai proses uji untuk mendapatkan izin dari Litbangkes

Menurut dr.Yoeke pada prinsipnya Labkesada Soppeng sudah sesuai prosedur dan standar pelayanan BBLK. Sehingga secepatnya sudah bisa difungsikan setelah unsur lainnya terpenuhi.

Hadir dalam pelatihan tersebut Dr.Mustakim.Sp.PK.,M,kes dan Dr.Mega citra diatri ,Sp. PD. Serta Dr.Jayadi. ($)