SKPD Diharapkan Lahirkan Ide Strategis Pembangunan -->

Iklan Semua Halaman

SKPD Diharapkan Lahirkan Ide Strategis Pembangunan



SOPPENGTERKINI.COM--Pihak organisasi perangkat daerah (OPD) Soppeng diharapkan bisa melahirkan isu strategis pembangunan. Dan menjawab tantangan penyelenggaraan tugas dan fungsi OPD.

Bupati HA Kaswadi Razak berharap OPD bisa memahami misi Soppeng yang lebih melayani, maju dan sejahtera. Gagasan harus dirumuskan dalam rancangan awal restra perangkat daerah dibahas bersama forum perangkat daerah.

"Pihak OPD harus bisa menyusun program prioritas. Indikator kinerja harus terukur dan tersedia datanya yang relevan. Agar bisa menyelesaian permasalahan daerah seperti kemiskinan rendahnya IPM, pertumbuhan ekonomi, dan permasalahan lainnya,"kata A Kaswadi dalam rapat forum gabungan OPD dan penyusunan renstra OPD 2021-2026, di kantor Gabungan Dinas, Kamis 20 Mei.
A Kaswadi berharap rancangan awal RPJMD 2021-2026 harus menjadi acuan perumusan program kegiatan dan indikator kinerja. Rancangan renstra SKPD tahun 2021-2026 memantapkan penyelenggaraan pelayanan dasar, memantapkan perwujudan kesejahteraan masyarakat, memantapkan pencapaian daya saing daerah, memantapkan tata kelola pemerintahan yang baik, memantapkan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.



"Ini bukan pekerjaan mudah. Sehingga perlu sinergi, kolaborasi serta proses panjang termasuk agenda konsultasi publik rancangan awal RPJMD. Setiap OPD harus nenyempurnakan rancangan awal Renstra perangkat daerah. Gagasan harus diajukan ke Bappelitbangda untuk diverifikasi,"tambah A Kaswadi.

Kepala Bappelibangda Soppeng, A Nurlina menambahkan penyusunan Renstra OPD dilaksanakan satu kali dalam lima tahun. Sehingga gagasan yang diajukan harus sesuai kebutuhan strategis dan prioritas