Soppeng Kembangkan Padi Ladang -->

Iklan Semua Halaman

Soppeng Kembangkan Padi Ladang




SOPPENGTERKINI.COM--Petani Soppeng terus berinovasi. Jika selama ini tanaman padi mengandalkan persawahan, kini mulai dikembangkan di ladang. Lokasinya di ladang petani Desa Soga Kecamatan Marioriwawo.

Wakil Bupati  Soppeng, Lutfi Halide mengatakan padi ladang bisa menjadi solusi bagi petani yang tidak memiliki sawah. Irigasi air juga tidak terlalu dibutuhkan.



"Tanaman padi ladang diharap bisa dilirik petani. Padi ladang sudah dikembangkan petani Desa Soga. Kualitasnya cukup bagus. Bulir dan aroma dari padi ini yang dinilai cukup baik,"kata Lutfi Halide, Rabu 21 April

Mantan Kadis Pertanian Sulsel ini berharap daerah yang tidak memiliki sawah, dapat mengambil langkah alternatif padi ladang. Karena dianggap mampu menjaga ketahanan pangan. 

"Kita sarankan BPP Marioriwawo untuk mencoba melakukan penanaman padi ladang. Lokasinya di lingkungan BPP Marioriwawo dijadikan lahan percontohan bagi masyarakat,"tambah Lutfi.

Kadis Pertanian Soppeng, Fajar berupa pihaknya mendorong penanaman padi ladang. Inovasi ini terus disosialisasikan dan akan diterapkan di daerah yang tidak memiliki sawah
"Hasilnya sudah dapat dilihat di Desa Soga. Varietasnya ada, dan hasilnya pun bisa dinikmati petani. Ini cocok bagi daerah yang tidak ada irigasinya, karena tidak terlalu mengandalkan air,"jelas Fajar.