Warga Congko Nikmati Pamsimas -->

Iklan Semua Halaman

Warga Congko Nikmati Pamsimas




SOPPENGTERKINI.COM--Sepuluh rumah di Desa Congko, Kecamatan Marioriwawo kini sudah bisa menikmati sambungan air bersih ke rumahnya. Kegiatan itu melalui program Penyedian Air Minum dan Sanitasi Masyarakat (PAMSIMAS) III  Tahun Anggaran 2021 dengan total anggaran sebesar Rp 367.111.000. Kegiatannya dilaksanakan kelompok kesewadayaan asyarakat Puncak Baramming.





Ketua KKM Puncak Baramming,  Kastahar, melaporkan aggaran pembangunannya  bersumber dari dana APBN, APBDdes, dana Non Sharing APBDdes, dana incash masyarakat, dana inkind gotong royong masyarakat. Kegiatan fisik yang terealisasi terdiri penangkapan mata air 1 unit, rumah pompa 1unit, filter(penyaring air) 2 unit, pengadaan pompa 1paket, pemasangan sambungan PLN 1paket, reservior 1unit, kran umum 1 unit, sarana cuci tangan 1unit
dan pengadaan dan pemasangan pipa kurang lebih 2 KM.

"Program  Pamsimas III Desa Congko menelan anggaran sebesar Rp 367.111.000. Program ini sudah dinikmati melalui  sambungan rumah (sr) sebanyak 10  unit,"kata Kastahar, Senin 12 Juli.


Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak menambahkan program penyediaan dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan akses penduduk  pedesaan. Terutama fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat.

"Setelah terbangunnya sarana dan prasarana air bersih dan sarana sanitasi melalui program Pamsimas di harapkan pemeliharaan dan pengelolaannya dimaksimalkan. Agar berfungsi dengan baik. Dan menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah desa, masyarakat juga kelompok pengelola sarana prasarana air minum sanitasi (KP-SPAMS) untuk dinikmati masyarakat,"jelas A Kaswadi