Pattaunge di Lompoe Marioriwawo -->

Iklan Semua Halaman

Pattaunge di Lompoe Marioriwawo

14 Oktober 2021

SOPPENGTERKINI.COM--Wakil Bupati Soppeng, Ir.H.Lutfi Halide, MP menghadiri acara Pesta Adat Pattaungeng Masyarakat bertempat di Kampung Lompoe Kelurahan Tettikenrarae Kecamatan Marioriwawo, Selasa (05/10/2021).
 DR. Karim, S.Pd, M.Pd, selaku Kepala Bidang Kebudayaan, dalam laporannya secara etimologi "Pattaungeng" berasal dari kata "taung" dalam bahasa bugis yang artinya Tahun. Dengan demikian Pattaungeng adalah tradisi yang dilakukan setiap tahun atau dalam skala tahunan. Tradisi ini terlaksana berkat kerjasama masyarakat dan pemerintah kab. soppeng. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memelihara, menjaga hubungan dan kerjasama masyarakat dengan pemerintah daerah, memelihara dan melestarikan tradisi serta adat istiadat masyarakat sebagai bentuk menjaga kebudayaan dan kearifan lokal di tengah-tengah masyarakat.

Wakil Bupati Soppeng, Ir.H.Lutfi Halide, MP mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kab. Soppeng khususnya Kec. Marioriwawo atas kerjasamanya sehingga sekarang Alhamdulillah kasus covid-19 di Kab. Soppeng berada di Zona Hijau, sehingga tugas kita yaitu program vaksinasi yang harus kita dorong bersama.

"Saya sangat bergembira, karena ditengah kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi pada era modernisasi dewasa ini masih ada sebahagian masyarakat kita yang tetap peduli dan berkomitmen untuk mempertahankan serta melestarikan Seni Budaya Tradisional kita seperti yang ditunjukkan oleh warga masyarakat di Kecamatan Marioriwawo khususnya di Kel. TettikenraraE, dengan dilaksanakannya acara Pesta Adat ini,"kata Lutfi.
Lutfi menambahkan kegiatan ritual ini patut kita apresiasi sebagai suatu produk budaya dari hasil peradaban manusia dan merupakan sumber nilai yang tinggi bagi masyarakat sehingga perlu terus dijaga dan dilestarikan sebagai sumber pemantapan jati diri di tengah.