Soppeng Kampanyekan Germas -->

Iklan Semua Halaman

Soppeng Kampanyekan Germas


SOPPENGTERKINI.COM-- Pelaksanaan Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tingkat Soppeng terus digaungkan. Acara digelar di Lapangan Kantor Bupati Soppeng, Jumat, 3 Desember 2021

Sekretaris Dinas Kesehatan  Soppeng, Andi Risga Sarwati, AR, S.STP, M.Si mengatajan tujuan pelaksanaan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga hidup sehat.
Adapun peserta pada kegiatan ini yaitu para kepala SKPD, para Anggota TP PKK Kab. Sopeng, para anggota Forum Komunimasi Germas, dan para Anggota Saka Bakti Husada dengan menggunakan metode kampanye yang terdiri dari senam bersama, pemeriksaan kesehatan dan komsumsi buah lokal.

 Sekretaris Daerah Kab. Soppeng, Drs. H.Andi Tenri Sessu, M.Si menambahkan hari ini kita memulai suatu gerakan yang kita sebut dengan Germas, dimana diketahui bahwa Kab. Soppeng beberapa waktu yang lalu mendapatkan suatu bentuk apresiasi atas gerakan Germas yang dilaksanakan di Semarang. Hal ini dapat kita katakan bahwa pemberian penghargaan ini adalah bebtuk dari upaya kita semua dalam upaya menciptakan hidup sehat pada masyarakat.

"Kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya untuk mempercepat dan mensinergikan implementasi Kebijakan Germa di Kabupaten Soppeng dengan membentuk Forum Komunikasi Germas yang melibatkan lintas sektor dari seluruh SKPD yang diharapkan dapat mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing masing untuk mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup sehat melalui fokus kegiatan yang diantaranya melakukan akivitas fisik, memeriksa kesehatan secara rutin, mengkonsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkomsumsi alkohol, membersihkan lingkungan dan menggunakan Jamban.

Hal ini perlu juga saya sampaikan bahwa Covid-19 belum berakhir, sehingga saya menghimbau kepada semuanya untuk menyampaikan kepada seganap sahabat maupun keluarga yang belum di vaksin untuk melakukan vaksin karena salah satu yang bisa mengatasi penyebaran virus ini adalah vaksin, apalagi sekarang muncul varian virus baru.

Sebagai upaya Promosi dan edukasi kesehatan yang komprehensif, maka pemerintah telah menetapkan Kampanye Prioritas dengan fokus pada 7 pencegahan yang terdiri dari Kampanye imunisasi, Kampanye gizi seimbang, Kampanye olahraga, Kampanye anti rokok, Kampanye Lingkungan, Kampanye skrining penyakit, serta Kampanye kepatuhan pengobatan. Kampanye ini merupakan implementasi dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang harus dilakukan pada semua tatanan termasuk institusi pendidikan, perkantoran/industry, tempat perbelanjaan, Desa/Kel, Kecamatan, Kab/Kota, dan tempat umum lainnya.