Festival Abbatireng’ na Wennang Sabbe -->

Iklan Semua Halaman

Festival Abbatireng’ na Wennang Sabbe


SOPPENGTERKINI.COM--Pembukaan festival Abbatireng’ na Wennang Sabbe di
lapangan Gasis Kab. Soppeng, Jumat, 23/9/2022

Kegiatan ini digelar Komunitas Pekerja Seni Kreatif (KPSK) Bumi Latemmamala Soppeng

 Ketua panitia Abd. Rahman, S. Pd mengatakan latar belakang terbentuknya acara ini sebagai rasa keprihatinan kami terhadap produk sutera yang lebih di angkat dan terkenal di kabupaten tetangga sedangkan di wilayah atau asal muasal benang sutera itu terlupakan.

"Tujuan kegiatan kami yaitu mengangkat sisi sutera dari sisi budaya agar tidak dapat di tiru dari pihak mana pun. Dan inti kegiatan ini adalah menjadi wadah berkreasi untuk para pelaku seni yang ada di Kabupaten Soppeng,"kata Abd Rahman.

Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari yaitu hari ini dan besok 24 September 2022, karena ada beberapa item kegiatan yang dilakukan yaitu pementasan sanggar seni yang ada di kabupaten soppeng dan ada beberapa undangan dari luar kabupaten soppeng, pameran lokal produk sutera, permainan rakyat yang pesertanya adalah siswa siswi dari sekolah dasar, serta tarian massal yang di peragakan oleh siswa siswi tingkat SMP.

Wakil Bupati Soppeng Ir. H. Lutfi Halide, MP  membuka acara festival abbatireng’ na wennang sabbe. Menurutnya
Festival Abbatirenna Wenna Sabbe (dalam Bahasa Indonesia, Asal Mula Benang Sutra) yang dilaksanakan oleh Komunitas Pekerja Seni Kreatif (KPSK) La Temmamala Kabupaten Soppeng ini adalah kreativitas yang luarbiasa dalam bentuk pelestarian budaya sebagai penguat karakter generasi muda, yang juga membawa nuansa hiburan masyarakat. Artinya kegiatan ini merupakan ‘ruang’ atau ‘panggung’ untuk menunjukkan upaya pelestarian budaya dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, di mana Soppeng pernah sangat tersohor karena merupakan kabupaten penghasil benang sutera di masa lalu.

Pemerintah Kabupaten menyampaikan terima kasih kepada Direktorat Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi atas bantuannya kepada KPSK La Temmamala melalui Program Fasilitasi Bidang Kebudayaan untuk menyelenggarakan festival ini.

Pemerintah kabupaten menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada Komunitas Pekerja Seni Kreatif (KPSK) La Temmamala Kabupaten Soppeng bersama seluruh Panitia atas penyelenggaraan Festival ini. (ST)