-->

Iklan Semua Halaman

16 Maret 2023

Acara : BISA (Bersih, Indah, Sehat, Aman) Fest, pesona kreasi budaya Soppeng

Tempat : Triple 8 Meeting Room
Waktu : Kamis, 16 Maret 2023

Pelaksana : Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)  Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Deputi Bidang Produk wisata dan penyelenggara kegiatan (event)

Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP dalam sambutannya :
- Atas nama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kab. Soppeng saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan BISA Fest Tahun 2023 di Kab. Soppeng dimana hal ini sejalan dengan Visi/Misi Kab. Soppeng yaitu "Soppeng yang lebih Melayani, Maju dan Sejahtera".
- Pada kesempatan ini, saya sampaikan bahwa Kab. Soppeng adalah salah satu Kabupaten di Sulawesi Selatan yang mengalami peningkatan ekonomi pada masa Pandemi Covid-19 dibandingkan dengan Kabupaten lain. Hal ini dapat kita capai berkat sinergi dan kerjasama Bupati Soppeng dan seluruh jajarannya, karena ini merupakan tanggung jawab kami selaku pelayan masyarakat. 
- Saya berharap pada kegiatan ini dapat mendorong para generasi milenial untuk mengambil peran dalam setiap aktivitas terutama dalam pengembangan daerah yang kita cintai ini. Jadi diharapkan setelah kegiatan ini, akan ada kegiatan atau pelatihan lanjutan yang dilakukan secara rutin. Karena Kab. Soppeng memiliki banyak sekali potensi yang dapat dikembangkan.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang diwakili oleh Rosalin Petrina Kristianti dari Subkoordinator Event Wilayah IIA dalam sambutannya :
-Terima kasih kepada Wakil Bupati Soppeng dan tamu undangan lainnya atas kehadirannya pada kegiatan  ini. Serta Dinas pariwisata yang selama ini terus  mendukung kami untuk memajukan pariwisata melalui penyelenggaraan Event-event dengan tujuan untuk melestarikan budaya. Penyelenggaraan event ini merupakan langkah taktis yang bisa dilakukan untuk mempromosikan kekayaan tradisi seni budaya yang juga sumber daya alam yang dimiliki oleh suatu daerah, utamanya Kab. Soppeng yang tentu memiliki banyak potensi pariwisata. 
- disini kami bermitra dengan Komisi X DPR RI yang hadir langsung ditempat ini untuk memberikan edukasi dan mendengarkan aspirasi dari masyarakat untuk peningkatan kualitas ekosistem suatu daerah. Sehingga diharapkan memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, karena kami telah menghadirkan Mas Ardiansyah selaku nara sumber yang akan membagikan ilmunya agar kita dapat menciptakan suatu event yang berkualitas di daerah. Apalagi Kab. Soppeng tentunya memiliki banyak sekali kebudayaan dan tradisi-tradisi yang unik dank has yang tidak ada di daerah lain. Sehingga perlu dikemas dengan baik agar menjadi daya tarik wisata yang bernilai tinggi dan menjadi sarana promosi pariwisata destinasi di tingkat Nasional maupun Internasional.
- Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan suatu event yaitu harus sesuai dengan kebutuhan audiens  saat ini karena kita harus mengikuti trend serta harus melek teknologi dengan memanfaatkan teknologi digital sehingga dapat menjangkau segala generasi. Selain itu juga diperlukan penyelenggaraan event yang berkelanjutan dan memberikan manfaat positif bagi bagi lingkungan, budaya maupun ekonomi lokal.


Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Drs. H. Andi Muawiyah Ramly, M. Si Anggota DPR RI Komisi X dalam sambutannya : 
- Alhamdulillah, kedatangan  saya di Sulawesi Selatan khususnya di Kab. Soppeng merupakan hal yang luar biasa, dimana saya juga merupakan salah satu putra Sulawesi Selatan. Dan hari ini kita melaksanakan kegiatan BISA Fest yang merupakan kesempatan bagi kita semua untuk berdialog dengan Narasumber yang luar biasa terkait kegiatan ini. 
- Oleh karena itu, saya berharap pertemuan ini bukan hanya sekedar pertemuan tapi ada kegiatan lanjutan yang dilakukan serta merancang sebuah program kegiatan lainnya. Karena tugas kami di DPR yaitu mengwasi dan membuta anggaran, jadi jika ada aspirasi silahkan disampaikan kepada kami. 
- Saya sampaikan pula bahwa untuk Kab. Soppeng ditahun ini kami memberikan 3.000 Beasiswa bagi Siswa/Siswi/Mahasiswa yang kurang mampu maupun yang berprestasi dan hal ini akan selalu kami perjuangkan, bukan hanya ditahun ini tapi juga ditahun-tahun yang akan datang. Tak hanya itu, kami juga akan membuat BLK (Balai Latihan Kerja) disini. Sehingga diharapkan kepada seluruh hadirin, semoga dapat mengikuti acara ini dengan tetap semangat dan serius.

Acara dilanjutkan penyerahan cendramata oleh Rosalin Petrina kepada Ir. H. Lutfi Halide Wakil Bupati Soppeng dan Drs. H. Andi Muawiyah Ramly, M. Si Anggota DPR RI Komisi X.

Turut hadir : Andi Syamsul Rijal, SE Anggota DPRD Kab. Soppeng, Kadis Pariwisata, kepemudaan dan Olahraga Kab. Soppeng, Owner Cantika Sabbena Soppeng.