-->

Iklan Semua Halaman

15 Juli 2023
Kirab Budaya dalam rangka hajatan Gau Maraja La Patau Matanna Tikka yang akan dilaksanakan pada Senin , 16/7/2023 dipastikan akan berlangsung meriah dan semarak.

Kirab budaya yang akan diikuti sekira 112 kelompok yang terdiri dari kelompok 8 Kecamatan, 34 SKPD,70 Desa/Kelurahan, perguruan tinggi dan kelompok kesenian akan menampilkan berbagai ragam budaya yang ada di Kabupaten Soppeng.

Menurut Koordinator Kirab Budaya A Agus Nongki yang ditemui saat memantau gladi Kirab Budaya La Patau Matanna Tikka, Jumat 14/7/2023 menyebut ke 112 kelompok ini akan menampilkan berbagai ragam tradisi yang hidup dimasyarakat Soppeng selama ini.

“Tradisi tradisi dan adat yang hidup di tengah masyarakat selama ini seperti prosesi Mappacci, Mappasiarekeng, Menre’ Bola, Maddoja Bine, Mappano lolo dan lain lain akan ditampilkan dalam kirab budaya ini”ujarnya

Menurut A Agus Nongki, tidak sekadar ditampilkan tetapi ragam tradisi ini akan dilengkapi dengan sinopsis sehingga masyarakat yang menyaksikan penampilan inj akan mengetahui apa makna dan tujuan dibalik setiap prosesi yang selama ini dilaksanakan masyarakat.

“Dengan kirab ini, diharapkan masyarakat utamanya generasi muda bisa termotivasi untuk melestarikan nilai nilai budaya lokal sebagai bagian dari budaya nasional
yang kini semakin tergerus oleh budaya budaya luar” tandasnya

Adapun formasi kirab budaya ini akan dimulai dengan pasukan berkuda, 30 orang yang menjadi simbol prajurit perang kerajaan, iring iringan 60 matoa dan selanjutnya kelompok kelompok yang akan menampilkan temanya masing masing.