Wartawan Diwawancarai Pelajar SMA Negeri 7 Wajo -->

Iklan Semua Halaman

Wartawan Diwawancarai Pelajar SMA Negeri 7 Wajo

 
SOPPENGTERKINI.COM,WAJO - Sejumlah pelajar dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 7 Wajo melaksanakan kegiatan kelompok. Kegiatan berupa wawancara ini merupakan salah satu tugas di bidang mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).

Salah seorang pelajar SMA Negeri 7 Wajo Andi Besse Elfiana mengatakan , kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh informasi dari narasumber. Kata dia, Kegiatan ini kami memilih seorang jurnalis untuk dijadikan narasumber.

"Wawancara ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi mengenai mengenai bentuk, penyebab, contoh pelanggaran, cara mengatasi dan cara menghindari berbagai bentuk pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Termasuk kewajiban warga negara,"ujar Andi Besse Elfiana, siswi kelas XIII itu.

Dalam kegiatan wawancara tersebut, salah seorang Jurnalis yang bertugas di Wajo Ilham Tandjung selaku narasumber berharap, apa yang telah disampaikan dapat bermanfaat. Utamanya dalam penyelesaian tugas sekolah mata pelajaran PKN.

"Terimakasih kepada adik-adik SMA Negeri 7 Wajo atas kedatangannya. Semoga dapat bermanfaat, memiliki nilai yang bagus, teruslah belajar untuk hari esok yang lebih baik dan semoga ilmu yang diperoleh nantinya dapat berguna bagi diri sendiri, masyarakat bangsa dan negara,"harapnya

Terkait HAM, Kata Ilham Tandjung, pada saat ini kehidupan, kebebasan,dan kebahagiaan manusia kerap kali terabaikan baik oleh manusia itu sendiri ataupun oleh oknum tertentu. Sementara, ketiga hal itu adalah sesuatu yang sangat mendasar yang mesti dimiliki oleh manusia dan tidak dapat dikurangi dalam keadaan apapun.


"Selain mempunyai hak asasi, manusia itu juga mempunyai kewajiban asasi, menghormati, menjamin, dan melindungi hak asasi manusia lainnya. Hak hidup, kebebasan dan kebahagiaan seseorang itu harus dapat dijamin atau terlindungi,"jelas, Ilham saat ditemui sejumlah pelajar SMA Negeri 7 Wajo di BTN Sutra Mas, Sengkang, Selasa 28 Agustus.

Lanjut, mantan aktivis Himpunan Mahasiswa (HMI) ini mengatakan ketika itu hal tersebut  tidak terwujud, maka disitulah akan terjadi pelanggaran HAM. Kata dia, pelanggaran HAM atau kelalaian terhadap kewajiban asasi yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang kepada orang lain.

"Pelanggaran HAM ini dapat diindikasikan adanya ketidaksesuaian atau kondisi yang seharusnya terjadi, misalnya setiap orang harus saling menghargai, ketika terjadi kondisi saling ejek, saling menghina dan sebagainya, itu berarti sudah menunjukkan timbulnya pelanggaran HAM,"ujar Ilham Tandjung.

Menurutnya, Pelanggaran HAM tidak hanya berkaitan dengan masalah pembunuhan, penyiksaan dan lain sebagainya. Akan tetapi pelanggaran HAM ini juga erat kaitannya dengan hal lain dalam kehidupan sehari-hari, seperti ketidaknyamanan, hilangnya rasa aman, munculnya ketakutan, dan sebagainya.
 
Penulis:Ham
Editor:Abhy