Temukan DPT Ganda, Bawaslu Rekomendasikan KPU Rapat Pleno Terbuka -->

Iklan Semua Halaman

Temukan DPT Ganda, Bawaslu Rekomendasikan KPU Rapat Pleno Terbuka


SOPPENGTERKINI.COM,WAJO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wajo,Sulawesi Selatan (Sulsel) menemukan adanya pemilih ganda pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Wajo, Divisi Pengawasan, Humas, dan Hubungan antar Lembaga , Heriyanto merekomendasikan KPU melakukan rapat pleno terbuka Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) dan menghadirkan Partai Politik dan Bawaslu.

"Berdasarkan hasil pencermatan yang kami lakukan terhadap DPT pemilu tahun 2019, secara nama dan alamat kami menemukan adanya pemilih ganda," kata Heriyanto.

Lanjut mantan Ketua Cabang PMII Wajo itu, selain ditemukan pemilih ganda Bawaslu juga menemukan adanya pemilih yang tidak memenuhi syarat dan ribuan Pemilih Pemula yang belum melakukan perekaman KTP-E.

"Intinya, kami merekomendasikan agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wajo melakukan Rapat Pleno Terbuka DPTHP untuk mencermati data secara faktual," kata mantan Panwascam Pammana itu.

Sekedar diketahui pada Rapat Pleno DPT, KPU Kabupaten Wajo menetapkan 280.092 DPT, masing-masing 132.372 DPT Laki-laki dan 147.720 DPT Perempuan, yang tersebar di 14 kecamatan dan 190 desa/ kelurahan dengan 1.217 TPS.

Penulis: Risal
Editor: Abhy