AJD Sebut Benteng Budaya Indonesia Ada di Soppeng -->

Iklan Semua Halaman

AJD Sebut Benteng Budaya Indonesia Ada di Soppeng

Andi Jamaro Dulung bersama istri

SOPPENGTERKINI.COM,SOPPENG--Salah satu putra terbaik Kabupaten Soppeng Andi Jamro Dulung (AJD) menyebutkan bahwa Benteng Budaya Indonesia ada di Kabupaten Soppeng Selasa (18/12/2018).

Hal tersebut mengacu pada festival La Galigo yang dilaksanakan di kabupaten Soppeng. Festival yang dilaksanakan di tiga lokasi tersebut menyita perhatian Dunia. Karena kegiatan ini di ikuti oleh beberapa negara.

Dalam acara tersebut, Panitia menampilkan berbagai macam adat budaya diantaranya pegelaran permainan rakyat, pameran kuliner tradisional, pameran benda pusaka dan juga karnaval budaya.

"Festival Budaya ini akan digelar selama 7 hari 7 malam, selain ada Festival juga dilaksanakan Seminar Internasional, Tudang Sipulung, Pengukuhan Umpungeng sebagai Med Poin/ Center Poin Indonesia,Penyajian Sastra dan Tradisi Lisan, Massureq, Permainan Rakyat, Pentas lagu lagu rakyat, Kirab Budaya Berciri La Galigo dan Pameran Budaya dan ini merupakan bukti dari Soppeng sebagai Pertahanan Budaya Indonesia," kata AJD.

Sehingga atas pelaksanaan kegiatan tersebut, Andi Jamaro Dulung yang akrab disapa AJD itu mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Soppeng dan para panitia yang telah memprakarsai festival budaya ini.

"Terima kasih atas dedikasi para pemeran pentas budaya Lagaligo yang hingga saat ini tetap menjaga kultur budaya serta adat orang Bugis Soppeng sehingga tetap di kenal oleh seluruh dunia. Disamping itu lagaligo juga merupakan kisah dan kitab terpanjang di antara kitab atau sepenggal kisah pendahulu yang pernah ada sehingga menyimpan banyak pelajaran yang dapat kita petik bahkan ILAGALIGO ini mampu mengalahkan kisah Mahabarata yang juga mempunyai cerita yang sangat luar biasa,"kata AJD yang juga Wakil Ketua KKSS itu.

Penulis : Abrae
Editor : Ocha