Gubernur Resmikan Ruas Jalan Provinsi -->

Iklan Semua Halaman

Gubernur Resmikan Ruas Jalan Provinsi


SOPPENGTERKINI.COM- Peresmian Jalan Provinsi Sulawesi Selatan, Paket Rehabilitasi Jalan (Ruas Takkalalla - Cabenge - Salaonro ), Paket Metode Long Segmen (Ruas Cabbeng - Soppeng, Ruas Soppeng batas Sidrap) di
Cabenge, Kec. Lilirilau Kab. Soppeng, Sabtu, 18 Desember 2022


Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. Hj. Astina Abbas, MT melaporkan terdapat 8 Ruas jalan Provinsi yang ada, terkoneksi dan menjadi akses utama Kabupaten Soppeng, diantaranya (1) Ruas Takkalalla - Cabenge - Salaonro, (2) Ruas Salaonro - Ulugalung, (3) Ruas Salaonro-Pompanua, (4) Ruas Batas Barru-Takkalalla, (5) Ruas Cabbenge-Soppeng, (6) Ruas Soppeng-Batas Sidrap, (7) Ruas Lajoa - Pacongkang - Citta - Tobenteng, serta (8) Ruas Takkalasi - Bainange - Lawo dengan total panjang seluruh ruas sebesar 196,7 km, dan di tahun ini kami melakukan penanganan efektif di 7 ruas tersebut kecuali Ruas Salaonro-Pompanua yang akan ditangani tahun 2023. Dan hingga saat ini telah selesai 2 (dua) paket yang selanjutnya akan diresmikan saat ini.
- Kami laporkan bahwa pelaksanaan paket Rehabilitasi Ruas Takkalalla-Cabbenge-Salaonro dilaksanakan sepanjang 3,2 km dari total panjang ruas 18,43 km dengan nilai kontrak sebesar 14,16 Milyar yang dilaksanakan oleh PT. Putra Delapan Delapan selaku kontraktor pelaksana dan PT. Indra Cipta Dimensi selaku konsultan supervisi. Sedangkan Pelaksanaan Paket Rehabilitasi Ruas Cabbenge- Soppeng dan Ruas Soppeng- Batas Sidrap dilakukan melalui metode long segment berupa rekonstruksi jalan sepanjang 3,3 km serta pemeliharaan sepanjang 43,6 km dari total panjang ruas 46,98 km dengan nilai kontrak sebesar 17,54 Milyar yang dilaksanakan oleh PT. Lompulle selaku kontraktor pelaksana dan PT. Arci Pratama Konsultan selaku konsultan supervisi.
- Kami laporkan pula bahwa tahun 2023, atas arahan Gubernur dan para Anggota DPRD Prov. Sulsel kami akan alokasikan kembali untuk melanjutkan ruas-ruas yang ada di Kab. Soppeng dan sekitarnya. Semoga dapat kita tuntaskan di Tahun 2023. Oleh karena itu, atas nama Dinas PUTR Prov. Sulsel menyampiakan rasa terima kasih kami kepada Bupati Soppeng, Wakil Bupati Soppeng beserta jajarannya yang telah berperan dan mendukung kami dalam pembangunan Tahun 2022.

Sambutan Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE :
- Atas nama Pemerintah Daerah dan mewakili masyarakat Kab. Soppeng, saya menyampaikan selamat datang kepada Gubernur Sulsel beserta rombongan sekaligus ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gubernur Sulsel yang pelan tapi pasti sudah menyelesaikan tahap demi tahap apa yang pernah menjadi komitmennya. Dan Insya Allah saya yakin Gubernur Sulsel akan memaksimalkan ruas-ruas yang belum dituntaskan di tahun 2023.

Gubernur Sulawesi Selatan, H.A.Sudirman Sulaiman, ST 
Dalam menjalankan program ini, saya selalu berfikir bahwa semua harus saya hitung dengan kalkulasi dibandingkan dengan diskusi. Karena dalam pembuatan jalan aspal rata-rata akan terjadi pergerakan atau memuai jika kondisinya sangat panas sehingga terjadi kerusakan jalan dan akan semakin parah jika dibiarkan. Jadi perlu dilakukan pembetonan di pinggir jalan yang diaspal untuk mengunci agar aspal tidak memuai.

Untuk Kab. Soppeng sendiri, walaupun merupakan kota kecil namun memiliki ruas jalan provinsi yang panjang bahkan hampir semuanya merupakan jalan Provinsi dibandingkan dengan Kabupaten lain. Sehingga hal ini perlu disyukuri oleh masyarakat Kab. Soppeng. Dan untuk jembatan Pacongkang, saya berharap semoga dapat diselesaikan dan diresmikan awal tahun depan.
Kepada Kadis PUTR Prov. Sulsel, untuk tahun 2023 kita harus review kembali yang mana harus dijadikan jalan Provinsi dan yang mana jalan Kabupaten, karena jika kita mengambil semuanya maka konsentrasi nanti tidak bagus, Kabupaten tidak mengerjakan hal-hal yang kecil padahal kita masih memiliki tugas besar yang harus diselesaikan. (St)