IBI Soppeng Gelar Muscab -->

Iklan Semua Halaman

IBI Soppeng Gelar Muscab

15 Oktober 2020

SOPPENGTERKINI.COM, Sekda Kab. Soppeng, Drs. A. Tenri Sessu, M.Si membuka secara resmi Acara Musyawarah Cabang VI Ikatan Bidang Indonesia Kabupaten Soppeng yang dilaksanakan di AulaTriple 8 Resto pada Sabtu, 10 Oktober 2020.

Bidan Garda Terdepan Mengawal Kesehatan Material Neonatal melalui GERMAS dan Pelayanan Berkualitas.

Sekda Kab. Soppeng, A Tenri menjelaskan bidang kesehatan menjadi program unggulan Pemerintah Daerah sesuai dengan Visi Misi pembangunan Kab. Soppeng yaitu Pemerintahan Yang Melayani Dan Lebih Baik, tentu untuk mencapai semua itu kita memerlukan SDM yang memiliki kemampuan dan kompetensi untuk mencapai itu, tentu didalamnya salah satunya adalah yang berprofesi bidan. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi upaya IBI yang turut berkontribusi dalam pelayanan kesehatan yang ada di Kab. Soppeng.

Tentu dalam pelaksanaan tugas kita sebagai selaku pelayan masyarakat tentu kit mempunyai standar pelayanan untuk itu saya berharap nantinya jadilah corong terutama berkaitan dengan pelaksanaan protokol kesehatan, karena kami selaku Tim Gugus Tugas Covid 19 sudah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Alhamdulillah untuk fase ke 2 bisa kami turunkan, dan semoga ini bisa dipertahankan karena kunci dari semua itu adalah pelaksanaan protokol kesehatan. Oleh karena itu, kami berharap diluar profesi, diluar organisasi, selaku masyarakat Kab. Soppeng jadilah corong pelaksanaan protokol kesehatan, terutama saat ini akan ada Pemilihan Kepala Daerah, kami Pemerintah Daerah sudah mempersiapkan segala upaya untuk mengendalikan Covid-19 pada saat pelaksanaan Pemilu yang akan datang.



Ketua Pengurus Daerah IBI Sulawesi Selatan, Hj.Suriani.B, SKM, M.Sc mengatakan IBI adalah organisasi profesi yang pengelolaannya diatur pada AD/ART dan keputusan-keputusan yang kita ambil semuanya berada di AD/ART. Walaupun dalam menjalankannya, masih ada hal-hal yang perlu diperbaiki dan dikemas serta dikembangkan lagi, karena itu menjadi bagian dan tugas kita untuk memutuskannya di kemudian hari setiap melaksanakan rapat kerja nasional

Semua unsur-unsur yang menunjang, kita tidak perlu khawatir karena IBI selalu bekerjasama dengan organisasi profesi lainnya terutama perawat dan organisasi kesehatan lainnya, kita semua berjalan bergandengan dan saya yakin IBI Kab. Soppeng selalu berdampingan hangat dengan Kepala Dinas Kesehatan Kab. Soppeng untuk menghadap ke Bupati dan Unsur Pimpinan lainnya dan hari ini terbukti atas kehadiran Sekretaris Daerah Kab. Soppeng.
- Dari sisi pelayanan menunjukkan beberapa fakta empiris bahwa Bidan memiliki peranan penting dalam meningkatkan akses terhadap pelayanan yang berkualita. Namun perlu disadari bersama bahwa kedepannya masih banyak tantangan yang perlu dihadapi salah satunya adalah bagaimana liberalisasi pelayanan kesehatan saat ini di era digitalisasi, tapi kita jangan terlalu khawatir akan tantangan ini, kita tetap harus mempersiapkan diri san melakukan upaya-upaya penguatan profesi untuk meningkatkan profesi itu salah satunya melalui pendidikan karena mutu profesi berawal dari pendidikan.

-Himbauan saya yang menjadi keharusan kita semua yaitu untuk mengawal organisasi yang kita Cintai ini menjadi organisasi yang berkualitas, berkembang serta menjadi organisasi yang diakui secara Nasional maupun internasional.

**Anida, S.ST,M.Adm.Kes selaku Ketua Pengurus Cabang IBI Kab. Soppeng dalam sambutannya :
- IBI Kab. Soppeng memiliki Anggota yang terdaftar dan aktif sebanyak 525 orang dengan 4 ranting, serta memiliki 1 Sekretariat yang berlokasi di Salotungo.

- Anggota IBI berpotensi besar dalam menunjang program Pemerintah Daerah khususnya dalam program Bidang Kesehatan yaitu bidang pelayanan Ibu dan anak serta pelayanan KB. Berdasarkan hal tersebut, maka sudah selayaknya Bidan mendapatkan perhatian khusus seperti mendapatkan perhatian belajar untuk meningkatkan kualitas kami oleh Pemerintah Daerah dan Stakeholder dalam menjalankan tugas profesinya.

-berkaitan dengan Covid 19, IBI mendapat tantangan baru, namun demikian pelayanan kesehatan harus tetap berjalan sebagaimana mestinya walaupun ada 9 Bidan yang terpapar Virus ini, dan Alhamdulillah saat ini semua telah dinyatakan sembuh.

**Sambutan Kepala Dinas Kesehatan, Sallang SKM, M.Kes :

- tantangan pembangunan kita kedepan baik secara nasional maupun kabupaten adalah bagaimana kita berusaha menurunkan angka kematian ibu dan balita, serta bagaimana menurunkan data stunting nasional karena kedepannya tantangan ini terus berkembang secara terus-menerus termasuk pelayanan kebidanan. Oleh karena itu, anggota IBI harus menjawab tantangan itu dengan membentengi diri baik itu pelatihan, workshop atau pendidikan.

- saya berharap dan perlu dipahami terutama para Bidan yang ada di pelosok desa tolong jangan bosan dan berhenti untuk menyuarakan bagaimana meningkatkan disiplin kesehatan terkait dengan Covid-19. sehingga ini sangat besar manfaatnya untuk memberikan dorongan kepada masyarakat kita untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, seperti pakai masker, Cuci tangan, dan jaga jarak.

- disamping itu dalam menjawab tantangan kedepan, tidak boleh lengah karena masyarakat saat ini membutuhkan pelayanan yang cepat dan tepat, tolong IBI tingkat kan pengetahuan dan keterampilan dalam menjawab tantangan itu.

**Jumarni, S.ST, M.Kes selaku Ketua Panitia Pelaksana dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan umum pelaksanaan Muscab ini yaitu untuk meningkatkan Citra Bidang IBI melalui Konsolidasi Organisasi. Adapun Tujuan khusus terlaksana nya kegiatan ini yaitu terlaksananya penyajian atas pertanggungjawaban pengurus IBI Kab. Soppeng, serta terlaksana penyebarluasan hasil Musyawarah Daerah serta penjabarannya.